Search

Jenazah Lina Harus Lewati Autopsi Toksikologi, Apa Itu? - detikHealth

Jakarta - Pasca meninggalnya Lina, eks istri Sule, anaknya Rizky Febian membuat laporan ke pihak kepolisian karena melihat ada kejanggalan soal penyebab kematian sang ibu. Polisi akhirnya menindaklanjutinya dengan melakukan pembongkaran makam hingga autopsi.

Tim forensik Polda Jabar telah melakukan serangkaian pemeriksaan di laboratorium untuk menguak penyebab kematian Lina. Selain autopsi luar dalam, forensik RS Bhayangkara Sartika Asih Polda Jabar AKBP Robert Tanjung masih akan melakukan pemeriksaan toksikologi di Puslabfor Mabes Polri.

"(Pemeriksaan toksikologi) itu memerlukan waktu satu sampai dua minggu. Nanti setelah hasil itu ada, kita serahkan ke penyidik. Nanti penyidik lah yang menentukan," tuturnya.

"Kita ambil sampel dari dalam tubuhnya semua. Pemeriksaan toksikologi ini memang prosedur dalam hal melakukan autopsi," kata Robert.

Sebenarnya apa sih pemeriksaan toksikologi itu?


Pemeriksaan toksikologi yang dilakukan setelah kematian seseorang, yang dikenal sebagai uji toksikologi forensik adalah hasil dari prosedur laboratorium yang mengidentifikasi dan menghitung adanya cairan atau racun di dalam tubuhnya.

Cairan atau racun yang dimaksud meliputi obat-obatan selama perawatan atau kandungan lainnya yang mungkin menjadi penyebab kematiannya.

"Pemeriksaan toksikologi ini masih termasuk bagian dari rangkaian laporan autopsi. Tapi, di fase ini akan lebih detail dan mendalam terkait adanya cairan, zat, bahkan racun yang menjadi penyebab kematian seseorang. Mungkin tidak terlihat efeknya secara fisik," jelas Direktur medis layanan laboratorium di Rumah Sakit Sharp Memorial dan ahli patologi San Diego, dr Howard S Robin, MD, dikutip dari WebMD.

Ahli toksikologi sekaligus konsultan dr Alan Hall, MD, mengatakan beberapa tes seperti ini membutuhkan waktu berhari-hari, hitungan minggu, bahkan berbulan-bulan.

Simak Video "VX Nerve, Seribu Kali Lebih Mematikan Dibanding Sianida"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)

Let's block ads! (Why?)



Hiburan - Terbaru - Google Berita
January 10, 2020 at 03:00PM
https://ift.tt/30ehdKL

Jenazah Lina Harus Lewati Autopsi Toksikologi, Apa Itu? - detikHealth
Hiburan - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/32kQdJC

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jenazah Lina Harus Lewati Autopsi Toksikologi, Apa Itu? - detikHealth"

Post a Comment

Powered by Blogger.